PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI DI ERA DIGITAL: TANTANGAN DAN SOLUSI DI TADIKA ADNANI PANYABUNGAN MANDAILING NATAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan dan solusi dalam pelaksanaan pendidikan Islam anak usia dini di era digital, khususnya di Tadika Adnani Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Kemajuan teknologi informasi membawa dampak signifikan terhadap proses pembelajaran, termasuk dalam penanaman nilai-nilai Islam kepada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di lapangan, wawancara mendalam dengan guru dan orang tua, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan gawai secara berlebihan tanpa pengawasan menjadi tantangan utama. Guru dan orang tua belum sepenuhnya memahami literasi digital Islami. Sebagai solusinya, dilakukan pembiasaan nilai Islam dalam aktivitas harian, pelatihan guru, serta edukasi orang tua. Pendidikan Islam terbukti dapat tetap efektif jika teknologi digunakan secara bijak dan tetap berlandaskan pada nilai-nilai keislaman.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi Syahrial Harahap, & Prodi. (2022). Pendidikan Dan Ta’dib Anak Usia Dini Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 7(1), 57.
Aidzullah. (2024). Integrasi Sains Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pai Di Sma Negeri 5 Unggulan Parepare. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri.
Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.
Ali, P. P., & Marzuki, I. (2023). Penguatan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan di UPT SD Negeri 119 Gresik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 40–45. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.735
Asyahidah, N. L., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Peran guru dan orang tua dalam meningkatkan kecerdasan moral pada anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7357–7361. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2150
Dalam, K., Hasil, M., Anak, B., & Dini, U. (2023). Implementasi quantum learning berbasis pembelajaran kelompok dalam meningkatkan hasil belajar anak usia dini 1 1. 8, 656–670.
Ismail, M. (2014). Konsep Berpikir Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Akhlak. XIX(02), 291–312.
Ismaraidha, M. Y. H. L. H. (2024). Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 249–362. https://doi.org/10.54298/JK.V7I2.264
Jhuji, Wawan, W., Eneng, M., & Nana, S. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 113. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn/article/view/3733
Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.
Khairatun Nisa. (2021). Pengembangan Model Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an Dan Hadist Pada Kegiatan Parenting DI TK IT Bunayya & Al Hijrah. Thesis.
Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Munisa, Utami Rahayu Dwi Utami, Fitri Nurul Aida Fitri, & Abdillah M. Harits Andhri. (2023). Peran Mindfull Parenting dalam Membangun KeluargaDi RA Al Ikhlas Konggo Kabupaten Deli Serdang. Journal of Human And Education, 3(2), 31–35.
Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.
Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.
Saudah, S., Sri Hidayati, & Resti Emilia. (2022). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Membangun Kemandirian Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 51–62. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.27174
Setiadi, K. (2016). Pelatihan Adab Makan Dan Minum Sesuai Ajaran Islam di Sd. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–23. https://ejournal.darunnajah.ac.id/index.php/bisma
Siregar, B., Putri, V., Nurrayza, N., & Putri, V. (2023). Potret Guru Pendidikan Agama Islam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Ar-Rahman Medan Helvetia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1266–1277. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/424
Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.
Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.529
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ernita Lubis, Abdi Syahrial Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index