MENGEMBANGKAN LITERASI ISLAM ANAK USIA DINI DENGAN BUKU CERITA DI TADIKA ADNANI PANYABUNGAN MANDAILING NATAL
Abstract
Penanaman nilai-nilai keislaman sejak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter religius anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan literasi Islam anak usia dini melalui pemanfaatan buku cerita di Tadika Adnani, Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan buku cerita Islami di Tadika Adnani Panyabungan secara efektif meningkatkan literasi Islam anak usia dini. Anak-anak menunjukkan minat tinggi dalam kegiatan membaca, memahami nilai-nilai seperti kejujuran, tolong-menolong, dan cinta kepada Allah melalui cerita yang menarik dan ilustratif. Guru berperan aktif sebagai pendongeng sekaligus fasilitator nilai, sementara orang tua turut memperkuat pemahaman anak di rumah. Penggunaan buku cerita juga membantu memperkaya kosa kata keislaman anak dan mendorong perubahan perilaku positif. Meski terdapat keterbatasan koleksi buku, pendekatan ini terbukti mendukung pembentukan karakter religius anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi, M. I. (2021). Integrasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Berbasis Boarding School di Indonesia. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 3(2), 257–276. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v3i2.4473
Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.
Asmuri. (2014). Metodologi Pembelajaran PAI Perspekif Kontekstual. CV. Mutiara Pesisir Sumatera.
Destriani, Rasmini, Amriyadi, & Jeniati, H. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.645
Harahap, M. Y., Ependi, (2024). The Effectiveness Of Opening And Closing Lessons In The Context Of Islamic Education At The Private Madrasah Aliyah Amaliyah Sunggal. Prosiding Universitas Dharmawangsa, 4(1), 202–215. https://doi.org/10.46576/PROSUNDHAR.V4I1.356
Ismaraidha, M. Y. H. L. H. (2024). Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 249–362. https://doi.org/10.54298/JK.V7I2.264
Jumaah, Jumaah and Arifin, S. (2024). Peran Literasi Al-Qur’an Dalam Pembentukan Pemikiran Kritis Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Wanasaba. Journal on Education, 6(02), 11599–11610. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4968
Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.
Kencono, D. S., & Winarsih, A. S. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Peraga Edukasi Ramah Lingkungan Sekolah PAUD di Kota Yogyakarta. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 291–297. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i3.2082
Ismaraidha, M. Y. H. L. H. (2024). Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 249–362. https://doi.org/10.54298/JK.V7I2.264
Jumaah, Jumaah and Arifin, S. (2024). Peran Literasi Al-Qur’an Dalam Pembentukan Pemikiran Kritis Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Wanasaba. Journal on Education, 6(02), 11599–11610. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4968
Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.
Kencono, D. S., & Winarsih, A. S. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Peraga Edukasi Ramah Lingkungan Sekolah PAUD di Kota Yogyakarta. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 291–297. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i3.2082
Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.
Noviansah, A. (2020). Gerakan Literasi Sekolah dan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Perumusan Materi Pokok Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.1009
Parapat, A., Munisa, M., Nofianti, R., & Pratiwi, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 75–79. https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/155
Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.
Rozana, S. (2024). Teachers’ Strategies In Overcoming Learning Difficulties Of Al-Qur’an Indyslexic Students. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(7), 1851–1862.
Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.
Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.
Syahrial Harahap, A., Nofianti, R., Rahayu, N., Nitami, D., Ginting, B., Pembangunan, U., & Budi, P. (2023). Menggali Kearifan Lokal Etnis Banjar: Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Kota Rantang Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 961–969. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm
Wahyudi, W. E., Asyha, A. F., & Murniasih, A. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Ali Bin Abi Thalib Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Ali Bin Abi Thalib Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam. Journal of Islamic Studies, 5.
DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.528
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Adek Yakinah Nasution, Abdi Syahrial Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index