MODEL PENDIDIKAN ISLAM YANG MENYENANGKAN UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SWASTA BABUSSALAM KISARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis model pendidikan Islam yang menyenangkan bagi anak usia 5–6 tahun di TK Swasta Babussalam Kisaran. Model pembelajaran yang menyenangkan menjadi pendekatan strategis untuk menanamkan nilai-nilai keislaman secara efektif pada anak usia dini, dengan menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui kegiatan yang interaktif dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dilaksanakan melalui lagu, permainan edukatif Islami, proyek tematik, dan eksplorasi sensorik. Model ini terbukti meningkatkan minat belajar dan pemahaman nilai-nilai keislaman anak. Faktor pendukung utama adalah kreativitas guru dan dukungan orang tua, sedangkan kendalanya meliputi keterbatasan media pembelajaran dan waktu belajar yang terbatas. Model ini efektif membentuk karakter religius secara menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Nashih Ulwan. (1981). Pedoman Pendidikan Dalam Islam, terj. Anwar Rasyidi. CV Asy Syifa,.
Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.
Apriani, R. (2019). Pendidikan Kecerdasan Moral pada Anak Usia Dini Persfektif Pemikiran Michele Borba. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3663/1/RENI APRIANI.pdf
Deporter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa.
Fitri, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 40–51. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8681
Harahap, M. Y. (2022). Family Based Education in Educating Youth Character. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 16(2), 176–187. https://doi.org/10.51672/ALFIKRU.V16I2.106
Julian, M., Arikarani, Y., Attoriqi Hakim, M., Rosada, A., & Dwi Utami, L. D. U. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam Sejak Usia Dini Di Era Modern. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 77–89. https://doi.org/10.37092/bouseik.v1i1.615
Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.
Khairatun Nisa. (2021). Pengembangan Model Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an Dan Hadist Pada Kegiatan Parenting DI TK IT Bunayya & Al Hijrah. Thesis.
Lalujan, K. V., Krismayani, O., & Manajang, T. Y. (2019). Kecerdasan Anak Usia Dini ditinjau dari Perspektif Teori Kecerdasan Howard Gardner. OSFPREPRINTs, 1(1), 12–23.
Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Yunan Harahap, R. E. (2023). Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah (1st ed.). PT Green Pustaka Indonesia.
Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.
Parapat, A., Munisa, M., Nofianti, R., & Pratiwi, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 75–79. https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/155
Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.
Siregar, B., Putri, V., Nurrayza, N., & Putri, V. (2023). Potret Guru Pendidikan Agama Islam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Ar-Rahman Medan Helvetia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1266–1277. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/424
Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.
Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.
Syahrial Harahap, A., Nofianti, R., Rahayu,. (2023). Menggali Kearifan Lokal Etnis Banjar: Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Kota Rantang Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 961–969. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm
Wardanik, Y., Muhammd, D. H., & Susandi, A. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Presfektif Al-Ghazali dan Abdullah Nashin Ulwan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 480–487. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2132
Widya, R. dan M. (2019). Metode Penanaman Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah Desa Kelambir V Kebun. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2), 58–63.
DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.524
Article Metrics
Abstract view : 1 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Indah Sari, Abdi Syahrial Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index