PEMBELAJARAN ADAB MAKAN DAN MINUM DALAM PERSPEKTIF ISLAM UNTUK ANAK DI TK ABA 2 KISARAN
Abstract
Penanaman adab makan dan minum sejak usia dini merupakan bagian penting dalam pendidikan karakter Islami. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran adab makan dan minum dalam perspektif Islam di TK ABA 2 Kisaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran adab makan dan minum di TK ABA 2 Kisaran dilakukan melalui metode pembiasaan, keteladanan, bercerita, dan permainan peran. Guru berperan aktif sebagai teladan, sementara orang tua turut dilibatkan dalam pembiasaan di rumah. Anak-anak menunjukkan perubahan positif seperti membiasakan membaca doa, makan dengan tangan kanan, dan membersihkan sisa makanan. Pembelajaran ini membentuk karakter religius, disiplin, dan bertanggung jawab sejak usia dini, serta menjadi bagian penting dalam pendidikan karakter berbasis Islam di lembaga pendidikan anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi Syahrial Harahap, & Prodi. (2022). Pendidikan Dan Ta’dib Anak Usia Dini Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 7(1), 57.
Afnita, J. A. U. (2021). Kunci-Kunci Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 75–95. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.7084
Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.
Al-Ghazali. (1989). Ihya’ Ulummad-Din (p. 58). Darral-Fikr.
Asti, I. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.
Depag, R. I. (1990). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Kementerian Agama.
Hadi, S. (2017). Pola Pengasuhan Islami Dalam Pendidikan Keluarga. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 117.
Ismaraidha, M. Y. H. L. H. (2024). Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 249–362. https://doi.org/10.54298/JK.V7I2.264
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Munisa, Utami Rahayu Dwi Utami, Fitri Nurul Aida Fitri, & Abdillah M. Harits Andhri. (2023). Peran Mindfull Parenting dalam Membangun KeluargaDi RA Al Ikhlas Konggo Kabupaten Deli Serdang. Journal of Human And Education, 3(2), 31–35.
Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.
Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 5(1), 1–19. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady
Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.
Riska, A., Rahmi, D. A., & Fitri, F. (2023). Implementasi Metode Experiental Learning Dalam Menanamkan Nilai Nilai Dalam Hadist Tentang Adab Makan Untuk Anak Usia Dini. InEJ: Indonesian Engagement Journal, 4(2), 70–87. https://doi.org/10.21154/inej.v4i2.8416
Setiadi, K. (2016). Pelatihan Adab Makan Dan Minum Sesuai Ajaran Islam di Sd. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–23. https://ejournal.darunnajah.ac.id/index.php/bisma
Shihab, M. Q. (2006). Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu`i Atas Berbagai Persoalan Umat. Mizan.
Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.
Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.
Ulfa. (2017). Optimalisasi pengembangan multiple intelligences pada anak usia dini di RA Alrosyid Kendal Dander Bojonegoro. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 76–93.
Ya’cub, M., & Robiati, W. A. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Ajaran Mahabah Perspektif Robi’ah Al- Adawiyah. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(2), 447–459. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i2.1294
Zannatunnisya, Z., Harahap, A. S., Parapat, A., & Rambe, A. (2024). Efektivitas Internaliasi Nilai Spiritual Melalui Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Ummul Habibah, Kecamatan Hamparan Perak. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 624–634. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.32931
DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.523
Article Metrics
Abstract view : 2 timesPDF – 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Leliyani Leliyani, Abdi Syahrial Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index