SINERGI PENDIDIKAN RUMAH DAN SEKOLAH DALAM MENANAMKAN AQIDAH ISLAM DI TK SWASTA MUZAKKI AEK LOBA ASAHAN
Abstract
Aqidah Islam merupakan pondasi utama dalam pembentukan kepribadian anak Muslim sejak usia dini. Keluarga dan sekolah merupakan dua institusi pendidikan yang memiliki peran sentral dalam menanamkan nilai-nilai keimanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk sinergi antara pendidikan rumah dan sekolah dalam menanamkan aqidah Islam kepada peserta didik usia dini di TK Swasta Muzakki Aek Loba, Kabupaten Asahan. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa komunikasi intensif, kolaborasi kegiatan keagamaan, dan keselarasan visi pendidikan antara guru dan orang tua berperan penting dalam pembentukan sikap religius anak. Sinergi ini menciptakan konsistensi nilai dan memperkuat internalisasi aqidah sejak dini melalui pendekatan keteladanan dan pembiasaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi Syahrial Harahap, & Prodi. (2022). Pendidikan Dan Ta’dib Anak Usia Dini Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 7(1), 57.
Agustia, N. R., Batubara, F. A., & Nofianti, R. (2023). Bimbingan Orang Tua Terhadap Anak Dalam Menanamkan Kesadaran Beribadah Sholat di Desa Kelambir V Kebun Kab. Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2490.
Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.
Al-Ghazali. (1989). Ihya’ Ulummad-Din (p. 58). Darral-Fikr.
Charles Rangkuti, Rustam Ependi, N. A. (2023). Mengembangkan Metode Menghafal Al-Quran: Pendekatan Kecerdasan Majemuk. PT Green Pustaka Indonesia.
Depag, R. I. (1990). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Kementerian Agama.
Harahap, M. Y. (2022a). Family Based Education in Educating Youth Character. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 16(2), 176–187. https://doi.org/10.51672/ALFIKRU.V16I2.106
Harahap, M. Y., Hamzah, H., Khairi, A. M., & Harahap, T. M. (2022). Parents’ Education Interaction Patterns on The Effectiveness of Supervition and Development of Children’s Religious Character in Kota Pari Village, Pantai Cermin DIstrict, Serdang Bedagai District. Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 1(1), 2022. https://doi.org/10.47006/ISCIS.V1I1.14750
Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.
Marsyivania Ziven Aghata, R. J. R. (2025). Metode Flash dalam Mewujudkan Synergy of Faith and Education di Rumah Tahfidz Al-Quran (RTQ) Aisyiyah Nganjuk. J+PLUS: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 80–86. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/oai
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Munisa, M. (2020). Parenting Program in Growing Parents’ Positive Parenting at PAUD Al-Ummah Deli Tua. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 3413–3420. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1375
Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.
Parapat, A., Munisa, M., Nofianti, R., & Pratiwi, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 75–79. https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/155
Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 5(1), 1–19. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady
Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.
Rozana, S., Widya, R., & Tasril, V. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Interaktif Dalam Pendidikan Kesehatan Dan Nutrisi Anak Di Kota Pari. Warta Dharmawangsa, 16(4), 855–863. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2439
Saudah, S., Sri Hidayati, & Resti Emilia. (2022). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Membangun Kemandirian Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 51–62.
Sewi, R. M., & Mailasari, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 220. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8796
Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.
Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.
Tumiran, T. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( Dalam Kajian Aqidah Akhlak). Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 6(1), 26–44. https://doi.org/10.54248/ALHADI.V6I1.1084
Widya, R. dan M. (2019). Metode Penanaman Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah Desa Kelambir V Kebun. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2), 58–63. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/715
Widya, R., Rozana, S., Harahap, M. Y., & Panggabean, N. (2024). Pelaksanaan Program Bina Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Tuna Grahita Di SLB C Muzdalifah. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 317–322. https://doi.org/10.31004/JH.V4I6.1822
DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.522
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Tria Sinta Dewi, Tria Sinta Dewi, Abdi Syahrial Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index