BIMBINGAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SEMANGAT BELAJAR MENGHAPAL AL-QURAN DI TKQ AL-BAROKAH DI ERA 5.0

Muhammad Iqbal Hasibuan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi anak-anak ada yang tinggal dengan pembantunya, keluyuran dengan teman-teman, atau tinggal diam di rumah sambil nonton televisi, video game, playstation serta banyaknya anak yang cendrung menghabiskan waktu luangnya untuk bermain, serta kebanyakan ayah dan ibu sudah disibukkan dengan kerja. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis bimbingan guru dalam mengembangkan semangat belajar menghafal al-Qur’an di TKQ al-Barokah di era 5.0 di Kecamatan Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif, dilaksanakan di TKQ Al-Barokah T.600 Kecamatan Medan Marelan. Subyek penelitian ini adalah guru, siswa-siswi TKQ al-Barokah, yang menjadi informan adalah guru, siswa dan orang tua TKQ AL-Barokah. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa bimbingan Guru terhadap anak dalam menghapal al-Qur’an di TKQ al-Barokah Kecamatan Medan Marelan, antara lain sebagai berikut: 1. Guru sebagai motivator anak, guru menceritakan keutamaan menghafalkan al-Qur’an dan memberi hadiah; 2. Guru sebagai fasilitator anak, guru meluangkan waktu untuk mendampingi anak menghafal al-Qur’an dan menciptakan lingkungan yang kondusif; 3. Guru sebagai pedoman, guru juga menghafal al-Qur’an, serta memberikan contoh bacaan yang benar kepada siswa;

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF – 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index