PENERAPAN MEDIA AUDIO INTERAKTIF MENINGKATKAN MINAT MENGHAFAL SURAH PENDEK ANAK USIA DINI DI TK HAHOLONGAN PADANG SIDEMPUAN

Rizky Fitriyah Lubis, Bahtiar Siregar

Abstract


Penelitian judul hal ini Penerapan Media Audio Interaktif Meningkatkan Minat Menghafal Surah Pendek Anak Usia Dini di TK Haholongan Padang Sidempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif atau   naturalistik, karena titik fokus penelitian ini adalah pada observasi dan suasana alamiah (naturalistic setting). Dikatakan juga natural karena pelaksanaan penelitian memang terjadi secara alamiah, apa adanya   dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, singkatnya menekankan pada deskripsi secara alami. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan beberapa hal:1) Minat Menghafal Surah Pendek Pada Anak Usia Dini Sebelum diterapkannya Media Audio Interaktif di TK Haholongan Padang Sidempuan masih sangat sedikit yaitu hanya 42,04% dari hasil kegiatan Prasiklus. 2).Pada siklus I sudah mengalami peningkatan yaitu 62,5% hal ini dikarenakan media audio interaktif yang digunakan dikolaborasikan dengan permainan bola yang menarik bagi anak, namun demikian jumlah tersebut masih jauh dari harapan peneliti yaitu 75%, dengan merefleksi tindakan pada siklus I maka peneliti memutuskan melanjutkan tindakan ke siklus II.2). Pada siklus II peningkatan dapat terlihat sebanyak 83,52% anak telah meningkat minat menghafal surah pendeknya, hal ini dikarenakan peneliti belajar dari beberapa kesalahan yang terjadi pada siklus I dan merancang pembelajaran yang lebih menarik. Penerapan Media Audio Interaktif dalam Meningkatkan Minat Menghafal Surah Pendek Pada Anak Usia Dini di TK Haholongan Padang Sidempuan sudah dapat dibuktikan.

Keywords: Penerapan Media Audio Interaktif Meningkatkan Minat Menghafal Surah Pendek Anak Usia Dini Di Tk Haholongan Padang Sidempuan


Full Text:

PDF

References


Bahtiar Siregar, Salma Rozana, R. W. (2021). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Fublising Format.

Darmadi. (2012). Pengembangan Model, dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa,. Deepubilsh,.

Innayah. (2013). ,Pemanfaatan Media Audio Pendidikan Anak Usia Dini (MAPAUD) Nyanyian Dalam Pembelajaran. Jurnal Wangsaw, Vol.1.

Kustiawan, U. (2006). Pengembangan Media Pembelajran Anak Usia Dini. Gunung Samudra.

Makmun. (2013). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam,. Pustaka Pelajar.

Miles dan Hubermen. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal Ashri Publishing.

Nizwardi, J. (2016). Media Dan Sumber Pembelajaran. Media Dan Sumber Pembelajaran.

Selasa, H. O. pada hari. (n.d.). Hasil Obesrvasi pada hari selasa.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian kualitatif, (Bandung Alfabeta, 2014), H.1.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Beberapa Aspeknya. Tambra Raya.


Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF – 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS DHARMAWANGSA



Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index