MADRASAH BERKEADABAN DI ERA 5.0

Nur Isnaini Albanjari

Abstract


Society 5.0 yang diluncurkan oleh Jepang berkaitan dengan perangkat serba cerdas yang bersahabat dengan manusia. Artinya society 5.0 diintegrasikan dengan industri 4.0. Dalam masyarakat informasi yang lalu, praktek umumnya adalah dengan mengumpulkan informasi melalui jaringan dan informasi tersebut dianalisa oleh manusia. Namun, dalam Society 5.0, masyarakat, benda-benda, dan sistem-sistem semuanya dihubungkan dalam ruang virtual dam hasil-hasil yang optimal yang mampu melampaui kemampuan manusia, dan akan diberikan kembali ke ruang nyata. Dengan diluncurkannya society 5.0, menjadi tantangan bagi madrasah untuk dapat menyesuaikan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Maka ke depan permasalahan-permasalahan yang terus membelenggu ini agar segera diselesaikan sehingga madrasah bisa totalitas dalam menyambut datangnya era society 5.0 dalam dunia pendidikan.

Madrasah akan bisa terbiasa bercengkerama dengan dunia maya dan jejaring internet. Membelajarkan peserta didik jauh lebih sulit daripada sekadar mengajari dan melatih mereka karena harus bersifat individual, tidak dapat dilakukan secara masif, dan penuh dengan variasi keberagaman. Paradigma lama pendidikan harus diubah dengan paradigma baru yang mengutamakan kemampukan berpikir kritis dan belajar sepanjang hayat, serta selalu berinovasi menuju society 5.0 dengan tetap memegang prinsip tujuan pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Fadjar, A. Malik, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Miz, 1999.

Hidayat, Asep Ahmadi, Filsafat Bahasa Mengungkapkan Hakikat Bahasa, Makna, dan Tanda, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Zed, Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.


Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF – 340 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index