EFEKTIFITAS KEPEMIPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI GURU DI MTS AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG KABUPATEN DELI SERDANG

Muhammad Yunus

Abstract


Tujuan penulisan ini yaitu untuk melihat keefektivitasan kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan prestasi guru di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini bertember di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Kabupaten Deli Serdang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2020. Subjek penelitian ini yaitu pemilik sekolah yang berperan sebagai pemimpin di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Kabupaten Deli Serdang, Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu: (1). Adapun berilaku kepemimpinan di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Kabupaten Deli Serdang dalam manajemen kinerja guru ialah Selalu memberikan arahan terhadap kegiatan guru dan aktivitas-aktivitas siswa disekolah, Memberikan motivasi kepada guru dalam menjalankan pembelajaran di sekolah, Selalu berkomunikasi baik dengan  semua guru  disekolah, Disiplin dan tegas disetiap pengambilan keputusan disekolah, dan Menciptakan hubungan yang kekeluargaan di sekolah baik itu kepada guru siswa dan staf lainnya. (2). Adapun pengaruh terhadap kinerja guru disekolah dapat dilihat dari empat aspek yaitu Aspek kedisiplinan, Aspek keagamaan, Aspek kerja sama, Aspek kepemimpinan. (3). Adapun bentuk strategi manajemen kinerja Kepala Madrasah dalam meningkatkan prestasi kinerja guru ialah 1) strategi pemberian tunjangan/gaji/reward, 2) memberikan perhatian kepada guru, 3) memberikan patihan guru dalam mengasah keterampilan guru, 4) pemberdayaan guru dalam pengambilan keputusan.

Full Text:

PDF

References


Wibowo (2012). Manajemen Perubahan. Jakarta : Rajawali Pers

Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: Maliki Press.

Nanang Fatah, (2004), Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Wahyudi, KepemimpinanKepalaSekolah: DalamOrganisasiPembelajaran, (Bandung: Alfabeta)

Wijaya, C. (2017). Perilaku Organisasi Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI.

Sutrisno, Edy. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Syafaruddin dan Asrul. (2015). Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung: Citapustaka Media.

Hikmat, (2009). Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia

Wibowo, (2010). Manajemen Kinerja, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hadijaya, D. Y. (2013). Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidik Efektif. Medan Perdana Publishing

Chaniago, N. S. (2011). Manajemen Organisasi. Bandung: Citapustaka Media Perintis

Ambarita, B. dkk.(2014). Perilaku Organisasi. Bandung: ALFABETA.

Syafaruddin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, Dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarmanto, (2009), Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF – 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS DHARMAWANGSA



Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index