KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN SECURE ATTACHMENT DENGAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK HANDAYANI KECAMATAN BAHOROK KABUPATEN LANGKAT

Rika Widya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan ingin melihat hubungan secure attachment dengan kemandirian anak di TK Handayani Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas berupa secure attachment dan variabel terikat kemandirian anak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan orang tua siswa yang bersekolah di TK Handayani yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data menggunakan metode skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Uji hipotesis antara perhatian orang tua dan secure attachment dengan kemandirian anak sebesar 34,4%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dan secure attachment dengan kemandirian anak dan dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima.

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Secure Attachment, Kemandirian Anak


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF – 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index