PERAN ORANG TUA TERHADAP PENYIMPANGAN REMAJA DI DALAM KELUARGA

Wina Asry

Abstract


Abstrak: Remaja merupakan masa pencarian jati diri. Hal yang sering dilakukan remaja ialah mencari pola hidup yang sesuai dengannya dan itu dilakukan dengan cara coba-

coba meskipun yang dilakukan itu salah. Sehingga dengan kesalahan yang dilakukan remaja membuat ia jatuh kepada perbuatan yang menyimpang. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui secara khusus solusi mencegah dan mengatasi masalah remaja yang ada di dalam keluarga, membantu meminimalisir terjadinya penyimpangan-penyimpangan pada remaja dan memberi tahu betapa pentingnya peran orang tua dalam mencegah terjadinya perilaku menyimpang pada remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode studi kepustakaan yaitu suatu metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan bermacam-macam material yang ada di perpustakaan seperti, dokumen, buku, jurnal, majalah dan lain sebagainya. Adapun hasil yang ditemukan dalam penelitian ini ialah bahwa banyak penyimpangan yang terjadi pada masa remaja dan solusi terpenting untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut ialah adanya peran  keluarga mulai dari menanamkan  pendidikan  moral dan  agama kepada remaja sejak ia masih dini, memberikan perhatian dengan penuh kasih sayang kepada remaja, serta adanya kontrol sosial dari berbagai lembaga di masyarakat dalam mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh remaja tersebut.

Keywords:

Ayah dan Ibu, Kenakalan Anak Muda, Rumah Tangga


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF – 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index