SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SELAMA PANDEMI DI MTs ISLAMIYAH YPI BATANG KUIS

Maidiana Maidiana, Mahanum Mahanum, Ahmad Risqi syahputra

Abstract


Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Selama Pandemi Di MTs Islamiyah YPI Batang Kuis Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang†Penelitian memiliki batasan masalah supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah, pnelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif kualitatif, Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan point pertama tentang peran supervisi kepala sekolah a), peran supervisi kepala sekolah koordinator: penempatan tupoksi guru dengan tepat pada roster, pengarahan menggunakan micropon setiap harinya, mengadakan diskusi secara bersama-sama antar guru-guru dari berbeda-beda bidang, b)peran kepala sekolah sebagai konsultan, teknik supervisi dengan tehnik perseorangan meliputi melakukan kunjungan kelas, kunjungn observasi dan bimbingan terhadap guru secara pribadi dikantor dan kemudian dengan tehnik kelompok meliputi mengadakan pertemuan atau rapat rutin setiap bulannya, c) peran ketiga ialah kepala sekolah sebagai pemimpin kelompok Memberian kesempatan pada guru-guru dalam mengambil keputusan,meningkatkan keterampilan guru dengan memberikan pelatihan, dapat menumbuhkan rasa tanggungjawab dan memupuk moral,,d) peran kepala sekolah sebagai evaluator, seperti membantu dalam menilai hasil dan proses pengajaran, memberikan arahan / pendapat dalam menilai hasil belajar siswa, membantu memberikan metode yang tepat sesuai dengan kurikulum dalam pembelajaran daring. Kemudian point kedua ialah, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam kegiatan supervisi oleh kepala sekolah menunjukkan bahwa: 1) pendukungnya data informasi yang cukup, fasilitas cukup, guru mudah diatur. 2), yakni: masih adanya rasa takut yang dimiliki oleh guru bahkan menghindar ketika hendak disupervisi, kesibukan kepala sekolah di luar jam sekolah, faktor umur yang membuat pemahaman guru lamban, mengatur waktu yang tepat dirasa sulit

Full Text:

PDF

References


Pidarta, Made. (2009).Supervisi Pendidikan Konstektual. Jakarta: Rineka Cipta.

Martamis, Yamin &Maisah. (2010) Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada

Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja RosdaKarya.

Sahertin, Piet A. ( 2010 ). Konsep Dasar Dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Salim dan Syahrum (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cipta Pustaka.

Siahaan, Amiruddin dkk. (2014) Buku Ajar Supervisi Pendidikan. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Iain Sumatra Utara.

Arikunto, Suharsimi. (2004). Dasar-dasar Supervisi. Jakarta:PT RINEKA CIPTA,

Thoha, Miftah. (2008). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: Rajawali Press, Tim Dosen Administrasi Universitas Pendidikan Indonesia. (2008) Manajemen Pendidikan.Bandung:Alfabeta.

Amiruddin. (2012). Hubungan Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kepuasan Kerja Guru, di unduh pada

https://amirhsb.wordpress.com/2013/01/28/jurnal-pendidikan/,


Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF – 1195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index