IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS AL-JAMIYATUL WASHLIYAH TEMBUNG
Abstract
Penelitian Implementasi Manajemen Tenaga Kependidikan di MTs Al-Jamiyatul Washliyah Tembung
bertujuan untuk mengetahui, 1) Pengangkatan (Recruitmen) Tenaga Kependidikan, 2)
Pengorganisasian Tenaga Kependidikan, 3) Pengawasan Tenaga Kependidikan. Pada penelitian ini
menggunakan Metode Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian
yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku
yang diamati. Proses pelaksanaan manajemen tenaga kependidikan dalam upaya untuk meningkatan
mutu pendidikan di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Hasil penelitian manajemen tenaga
kependidikan di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung, Pengadaan tenaga kependidikan merupakan
kegiatan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan pada suatu lembaga pendidikan, baik
jumlah maupun kualitasnya. Perencanaan tenaga kependidikan merupakan kegiatan untuk
menentukan kebutuhan tenaga kependidikan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif untuk
sekarang dan masa depan. Perencanaan ini tentu terkait dengan adanya rencana untuk menata tenaga
kependidikan guna mendukung dan meningkatkan keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan
di madrasah. Pengorganisasian merupakan pembagian pekerjaan yang direncanakan untuk
diselesaikan oleh anggota kelompok dan merupakan fungsi yang harus dijalankan oleh setiap manajer
pada semua tingkatan, jenis kegiatan dan bentuk organisasi besar maupun kecil. Dalam manajemen
tenaga kependidikan, pengorganisasian sangat dibutuhkan guna mengatur tenaga pendidik dengan
cara menempatkan tenaga pendidik agar mengajar sesuai kemampuannya guna menciptakan tenaga
pendidik yang profesional. Pengawasan merupakan proses pengamatan atau pemantauan terhadap
pelaksanaan kegiatan organisasi untuk menjamin agar supaya semua pekerjaan yang sedang
dilakukan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan hasil studi
dokumentasi dan wawancara dapat disimpulkan bahwa kepala madrasah berperan sebagai supervisor
dalam menciptakan manajemen tenaga kependidikan yang handal. Pengawasan diharapkan mampu
mengatasi dalam berbagai hal dapat dihindari sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Tujuan yang
sudah direncanakan dan bias berjalan dengan efektif dan efesien.
Full Text:
PDFReferences
Bafadal, Ibrahim, (2004), Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Endin, (2010), Psikologi Manajemen, Bandung: Pustaka Setia.
Jaja, Amirulloh, (2013), Manajemen Madrasah, Bandung: Alfabeta.
Moleong, Lexy. J. (2000), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Mulyasa, (2004), Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, (2005), Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, (2010), Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Nazaruddin Abdullah, (2011), Al-Quran dan Manajemen Pendidikan, Bandung:
Citapustaka Media Perintis.
Syafaruddin dan Asrul, (2014), Manajemen Kepengawasan Pendidikan, Bandung:
Citapustaka Media.
Udin, Syamsuddin, (2009), Perencanaan Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahyuli, Amiruddin, (2010), Administrasi Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media
Perintis.
Article Metrics
Abstract view : 93 timesPDF – 1212 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index